2 Desember 2010

Pemasaran

Diposting oleh Widya_Mauretya di 23.39
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis ( profit atau non profit ) guna memenuhi Kebutuhan pasar dengan barang dan jasa , menetapkan harga , mendistribusikan , serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan .
Sedangkan pasar dalam pemasaran mempunyai pengertian yaitu , kelompok individual ( perorangan maupun organisasi ) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu , berdaya beli , dan berminat merealisasikan pembelian tersebut .

Jenis –Jenis Pasar
Pasar dibagi menjadi 3 jenis yaitu :
1 . Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah kelompok individual ( perorangan maupun rumah tangga ) yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya , tidak untuk maksud lain .
Faktor pengaruh pada proses pengambilan keputusan :
1 . Faktor personal
1 . Motivasi
Motivasi adalah dorongan ( drive ) internal untuk melakukan tindakan sesuai sebagai usaha pemenuhan kebutuhan .
2 . Persepsi
Persepsi adalah proses pemilihan , pengorganisasian , dan pengartian informasi berdasar Pengalaman pribadi .
3 . Pemahaman
Pemahaman adalah proses perubahan pemikiran atau pemahaman seseorang karena adanya
Pengalaman – pengalaman pribadi sebelumnya .
4 . Kepercayaan
Kepercayaan adalah deskripsi tingkat penerimaan pemikiran seseorang atas sesuatu objek atau gejala .
5 . Sikap
Sikap adalah penilaian relative seseorang suatu objek atau pemikiran tertentu secara konsisten
6 . Kepribadian
Kepribadian adalah karakteristik psikologis yang relative konsisten terhadap respons akhir suatu Objek di lingkungannya .
2 . Faktor Sosial
1 . Peran dan status
Peran adalah kegiatan –kegiatan seseorang untuk menyatakan keberadaan atau yang diharapkan Pada dirinya dalam lingkungannya . sedangkan status adalah penghargaan umum kelompok atau Masyarakat terhadap sesorang .
2 . Keluarga
Keluarga adalah kelompok terkecil dalam masyarakat yang meliputi orang-tua dan anak-anaknya .
3 . Kelompok Referensi
Kelompok referensi adalah kelompok yang secara lansung atau tidak langsung mempengaruhi Pembentukan perilaku dan sikap seseorang .
4 . Klas social
Klas social adalah tingkatan dari struktur klas masyarakat yang berjenjang dan relative permanen Dalam persamaan nilai , minat , dan perilaku .

Peranan seseorang dalam proses pembelian konsumen :
1 . Initiator ( yang memberikan gagasan untuk membeli )
2 . Influencer ( dorongan agar gagasan tersebut dapat terealisasi )
3 . Decider ( keputusan untuk membeli )
4 . Purchase ( yang membeli )
5 . User ( yang menggunakan )


Perilaku pembelian konsumen :
1 . Perilaku respons rutin ( routinezed respons behavior )
Adalah perilaku pembelian rutin untuk persoalan yang sering dihadapi .umumya frekuensi Kebutuhan produk tinggi , misalnya kebutuhan barang sehari-hari .

2 . Perilaku pemecahan masalah yang terbatas ( limited problem solving )
Adalah perilaku pembelian yg memerlukan usaha pemecahan persoalan yang terbatas

3 . Perilaku pemecahan masalah yang ekstensif ( extensive problem solving )
Adalah perilaku pembelian untuk mengatasi persoalan yg sangat tidak rutin .

2 . Pasar Industrial
Pasar industrial adalah kelompok organisasional yang membeli produk dan jasa untuk dijual kembali Atau diproses menjadi produk lain yang akan dijual untuk kepentingan organisasinya .

Faktor pengaruh perilaku pembelian :
1 . Lingkungan organisasi
2 . Intraorganisasi
3 . Interorganisasi
4 . Individual

Peranan pembelian dalam proses pembelian industrial :
1 . Pemakai ( user )
2 . Pengaruh ( influencer )
3 . Pembeli ( Buyers )
4 . Pengambil Keputusan ( Deciders )
5 . Penjaga gawang ( Gate keepers )

Perilaku pembelian pasar industrial :
1 . Pembelian baru ( New Task Buying )
Adalah pembelian yang dilakukan untuk pertama kali sehingga membutuhkan informasi yg banyak .
2. Pembelian ulang modifikasi ( Modified Rebuy )
Adalah pembelian kembali ( ulang ) atas kegiatan yang pernah dilakukan sebelumnya .
3. Pembelian ulang rutin
Adalah pembelian ulang yang sering dilakukan secara periodik ( rutin )

3 . Pasar Pemerintah
Pasar pemerintah adalah organisasi atau lembaga pemerintah yang membeli produk-produk untuk Menjalankan kegiatan operasionalnya melayani kepentingan masyarakat .


Konsep – konsep pemasaran
1 . Konsep produksi
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi bahwa konsumen hanya akan membeli barang-barang yang murah .
2 . Konsep produk
Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan menarik .
3 . Konsep Penjualan
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan .
4 . Konsep pemasaran
Adalah anggapan pemasar yg berorientasi kepada pelanggan bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan .
5 . Konsep pemasaran yang memasyarakat
Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produkyang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan social konsumen .
6 . Konsep pasar
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan .

Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran terdiri dari :
1 . Product ( Perencanaan barang )
2 . Price ( penetapan harga )
3 . Promotion ( Program promosi )
4 . Place ( Saluran Distribusi )

0 komentar:

Posting Komentar

2 Desember 2010

Pemasaran


Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis ( profit atau non profit ) guna memenuhi Kebutuhan pasar dengan barang dan jasa , menetapkan harga , mendistribusikan , serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan .
Sedangkan pasar dalam pemasaran mempunyai pengertian yaitu , kelompok individual ( perorangan maupun organisasi ) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu , berdaya beli , dan berminat merealisasikan pembelian tersebut .

Jenis –Jenis Pasar
Pasar dibagi menjadi 3 jenis yaitu :
1 . Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah kelompok individual ( perorangan maupun rumah tangga ) yang membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarganya , tidak untuk maksud lain .
Faktor pengaruh pada proses pengambilan keputusan :
1 . Faktor personal
1 . Motivasi
Motivasi adalah dorongan ( drive ) internal untuk melakukan tindakan sesuai sebagai usaha pemenuhan kebutuhan .
2 . Persepsi
Persepsi adalah proses pemilihan , pengorganisasian , dan pengartian informasi berdasar Pengalaman pribadi .
3 . Pemahaman
Pemahaman adalah proses perubahan pemikiran atau pemahaman seseorang karena adanya
Pengalaman – pengalaman pribadi sebelumnya .
4 . Kepercayaan
Kepercayaan adalah deskripsi tingkat penerimaan pemikiran seseorang atas sesuatu objek atau gejala .
5 . Sikap
Sikap adalah penilaian relative seseorang suatu objek atau pemikiran tertentu secara konsisten
6 . Kepribadian
Kepribadian adalah karakteristik psikologis yang relative konsisten terhadap respons akhir suatu Objek di lingkungannya .
2 . Faktor Sosial
1 . Peran dan status
Peran adalah kegiatan –kegiatan seseorang untuk menyatakan keberadaan atau yang diharapkan Pada dirinya dalam lingkungannya . sedangkan status adalah penghargaan umum kelompok atau Masyarakat terhadap sesorang .
2 . Keluarga
Keluarga adalah kelompok terkecil dalam masyarakat yang meliputi orang-tua dan anak-anaknya .
3 . Kelompok Referensi
Kelompok referensi adalah kelompok yang secara lansung atau tidak langsung mempengaruhi Pembentukan perilaku dan sikap seseorang .
4 . Klas social
Klas social adalah tingkatan dari struktur klas masyarakat yang berjenjang dan relative permanen Dalam persamaan nilai , minat , dan perilaku .

Peranan seseorang dalam proses pembelian konsumen :
1 . Initiator ( yang memberikan gagasan untuk membeli )
2 . Influencer ( dorongan agar gagasan tersebut dapat terealisasi )
3 . Decider ( keputusan untuk membeli )
4 . Purchase ( yang membeli )
5 . User ( yang menggunakan )


Perilaku pembelian konsumen :
1 . Perilaku respons rutin ( routinezed respons behavior )
Adalah perilaku pembelian rutin untuk persoalan yang sering dihadapi .umumya frekuensi Kebutuhan produk tinggi , misalnya kebutuhan barang sehari-hari .

2 . Perilaku pemecahan masalah yang terbatas ( limited problem solving )
Adalah perilaku pembelian yg memerlukan usaha pemecahan persoalan yang terbatas

3 . Perilaku pemecahan masalah yang ekstensif ( extensive problem solving )
Adalah perilaku pembelian untuk mengatasi persoalan yg sangat tidak rutin .

2 . Pasar Industrial
Pasar industrial adalah kelompok organisasional yang membeli produk dan jasa untuk dijual kembali Atau diproses menjadi produk lain yang akan dijual untuk kepentingan organisasinya .

Faktor pengaruh perilaku pembelian :
1 . Lingkungan organisasi
2 . Intraorganisasi
3 . Interorganisasi
4 . Individual

Peranan pembelian dalam proses pembelian industrial :
1 . Pemakai ( user )
2 . Pengaruh ( influencer )
3 . Pembeli ( Buyers )
4 . Pengambil Keputusan ( Deciders )
5 . Penjaga gawang ( Gate keepers )

Perilaku pembelian pasar industrial :
1 . Pembelian baru ( New Task Buying )
Adalah pembelian yang dilakukan untuk pertama kali sehingga membutuhkan informasi yg banyak .
2. Pembelian ulang modifikasi ( Modified Rebuy )
Adalah pembelian kembali ( ulang ) atas kegiatan yang pernah dilakukan sebelumnya .
3. Pembelian ulang rutin
Adalah pembelian ulang yang sering dilakukan secara periodik ( rutin )

3 . Pasar Pemerintah
Pasar pemerintah adalah organisasi atau lembaga pemerintah yang membeli produk-produk untuk Menjalankan kegiatan operasionalnya melayani kepentingan masyarakat .


Konsep – konsep pemasaran
1 . Konsep produksi
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi bahwa konsumen hanya akan membeli barang-barang yang murah .
2 . Konsep produk
Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan menarik .
3 . Konsep Penjualan
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan .
4 . Konsep pemasaran
Adalah anggapan pemasar yg berorientasi kepada pelanggan bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan .
5 . Konsep pemasaran yang memasyarakat
Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produkyang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan social konsumen .
6 . Konsep pasar
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan .

Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran terdiri dari :
1 . Product ( Perencanaan barang )
2 . Price ( penetapan harga )
3 . Promotion ( Program promosi )
4 . Place ( Saluran Distribusi )

0 komentar on "Pemasaran"

Posting Komentar

 

dyaluppha , , Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea


Smashed Pink Can