2 Desember 2010

MANAJEMEN DAN ORGANISASI

Diposting oleh Widya_Mauretya di 21.42
PENGERTIAN MANAJEMEN
*Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiata berupa perencanaan , pengorganisasian ,pengarahan dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi yg lainnya .(Nickles,Mc hugh and Mc hugh , 1997)

*Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (follet , 1997)

*Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan (Ernie&Kurniawan 2005)

Jadi dapat dikatakan manajemen merupakan suatu cara yang digunakan untuk pencapain tujuan , seperti perencanaan , pengorganisasian maupun pengarahan .
Manajemen sangat diperlukan dalam kegiatan usaha , karena dengan manajemen yang baik perusahaan akan berjalan dengan baik , tapi jika manajemen dari suatu perusahaan buruk , perusahaan tersebut akan mengalami kehancuran , sehingga dapat dikatakan kehidupan suatu perusahaan tergantung dari baik atau buruknya manajemen dari suatu perusahaan tersebut .

Manajemen sebagai suatu ilmu berkembang melalui beberapa tahap :
1 . tahap survival 1886-1930 (thn 1886 lahirnya gerakan manajemen ilmiah )
2 . tahap konsolidasi dan, tahun 190-1945
3 . tahap human relation , tahun 1945-1959
4 . tahap behavioralisme , tahun 1959-sekarang

Perkembangan manajemen sebagai suatu seni dilalui dengan tahap-tahap :
1 . tahap pra sejarah ( berakhir tahun 1 masehi )
2 . tahap sejarah ( berakhir tahun 1886 )
3 . tahap modern ( dimulai tahun 1886 – sekarang )

Unsur-unsur manajemen
1 . Man ( orang )
2 . Money ( uang )
3 . Materials ( bahan-bahan )
4 . Methode ( Metode )
5 . Machine ( Mesin )
6 . Market ( Pasar )

Prinsip-prinsip manajemen
Menurut bapak manajemen ilmiah “ Henry Fayol” dalam bukunya”General and Industrial Management” ada 14 Prinsip Manajemen , yaitu :
1 . Pembagian kerja ( devision of work )
2 . Wewenang atau tanggung jawab ( authority and responsibility )
3 . Disiplin atau kepatuhan
4 . Kesatuan perintah ( utility of command )
5 . Kesatuan arah ( utility of direction )
6 . Mengutamakan kepentingan umum
7 . Pemberian upah/jasa (renumeration of personel )
8 . Kestabilan masa kerja pegawai (stability of tenure of personal )
9 . Keadilan dan kebebasan
10 . Pemusatan( centralization )
11 . Garis kuasa ( line of authority )
12 . Inisiatif
13 . Kesatuan pada kelompok ( Ecprite de corps )
14 . Kerertiban

Fungsi-fungsi manajemen
Fungsi manajemen dibagi menjadi 4 yaitu :
1 . Planning ( Perencanaan )
Perencanaan adalah kegiatan menentukan serangkaian tindakan yang akan dilakukan dimasa yang akan datang .
Planning dibagi lagi menjadi 2 kegiatan yaitu :
1 . Forecasting
2 . Budgeting
2 . Organizing ( Pengorganisasian)
Pengorganisasian adalah kegiatan menetapkan susunan organisasi , tugas dan fungsi masing-masing unit untuk mencapai tujuan organisasi .
Organizing dibagi lagi menjadi 2 kegiatan yaitu :
1 . Staffing
2 . Assembling
3 . Actuating ( Penggerakan )
Penggerakan adalah kegiatan motivasi bawahan agar melakukan kegiatan yang telah menjdi tugasnya Masing – masing untuk mencapai tujuan organisasi .
Actuating dibagi menjadi 4 kegiatan yaitu :
1 . Directing
2 . Commanding
3 . Coordinating
4 . Motivating
4 . Controlling ( Pengendalian )
Pengendalian adalah kegiatan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilaksanakan dengan rencana yang telah disusun sebelumnya untuk mencapai tujuan organisasi .
Pengendalian dibagi menjadi 2 kegiatan yaitu :
1 . Reporting
2 . Evaluating

Organisasi

Organisasi adalah sekumpulan orang yang mempunya tujuan yang sama dan terorganisir dan terkoordinasi oleh suatu sistem .

Bentuk – bentuk organisasi :
1 . Organisasi Lini
Dalam organisasi lini atau garis ( line organization ) , kekuasaan berjalan secara langsung dari atasan ke bawahan , sehingga perintah datang dari atasan kepada bawahan secara langsung .

Keuntungan dari organisasi lini :
1 . Kesatuan pimpinan terjamin Karen ada dalam satu komando
2. Koordinasi relative mudah dilaksanakan
3. Pengendalian relative mudah dilaksanakan
4 . Rasa solidaritas pegawai pada umunya tinggi .

Kelemahan dari organisasi lini :
1 . Tujuan pribadi pimpinan seringkali sulit dibedakan dengan tujuan organisasi
2 . Pimpinan seringkali menjadi otoriter .
3 . Organisasi perusahaan terlalu tergantung pada pimpinan .

2 . Organisasi lini dan staf
Dalam system ini pemusatan kekuasaan dari atas ke bawah tetap ada , tapi untuk melancarkan tugas yang diperintahkan dari atasan ke bawah dibantu oleh staf .

3 . Organisasi Fungsional
Dalam system ini terdapat pembagian kerja berdasarkan spesialisasi

4 . Organisasi lini , staf , dan fungsional
Sistem organisasi ini merupakan gabungan dari bermacam – macam system organisasi ,Dengan memakai system gabungan dimungkinkan memilih yang menguntungkan dipakai sedangkan yang merugikan ditinggalkan .

0 komentar:

Posting Komentar

2 Desember 2010

MANAJEMEN DAN ORGANISASI


PENGERTIAN MANAJEMEN
*Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiata berupa perencanaan , pengorganisasian ,pengarahan dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi yg lainnya .(Nickles,Mc hugh and Mc hugh , 1997)

*Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (follet , 1997)

*Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan (Ernie&Kurniawan 2005)

Jadi dapat dikatakan manajemen merupakan suatu cara yang digunakan untuk pencapain tujuan , seperti perencanaan , pengorganisasian maupun pengarahan .
Manajemen sangat diperlukan dalam kegiatan usaha , karena dengan manajemen yang baik perusahaan akan berjalan dengan baik , tapi jika manajemen dari suatu perusahaan buruk , perusahaan tersebut akan mengalami kehancuran , sehingga dapat dikatakan kehidupan suatu perusahaan tergantung dari baik atau buruknya manajemen dari suatu perusahaan tersebut .

Manajemen sebagai suatu ilmu berkembang melalui beberapa tahap :
1 . tahap survival 1886-1930 (thn 1886 lahirnya gerakan manajemen ilmiah )
2 . tahap konsolidasi dan, tahun 190-1945
3 . tahap human relation , tahun 1945-1959
4 . tahap behavioralisme , tahun 1959-sekarang

Perkembangan manajemen sebagai suatu seni dilalui dengan tahap-tahap :
1 . tahap pra sejarah ( berakhir tahun 1 masehi )
2 . tahap sejarah ( berakhir tahun 1886 )
3 . tahap modern ( dimulai tahun 1886 – sekarang )

Unsur-unsur manajemen
1 . Man ( orang )
2 . Money ( uang )
3 . Materials ( bahan-bahan )
4 . Methode ( Metode )
5 . Machine ( Mesin )
6 . Market ( Pasar )

Prinsip-prinsip manajemen
Menurut bapak manajemen ilmiah “ Henry Fayol” dalam bukunya”General and Industrial Management” ada 14 Prinsip Manajemen , yaitu :
1 . Pembagian kerja ( devision of work )
2 . Wewenang atau tanggung jawab ( authority and responsibility )
3 . Disiplin atau kepatuhan
4 . Kesatuan perintah ( utility of command )
5 . Kesatuan arah ( utility of direction )
6 . Mengutamakan kepentingan umum
7 . Pemberian upah/jasa (renumeration of personel )
8 . Kestabilan masa kerja pegawai (stability of tenure of personal )
9 . Keadilan dan kebebasan
10 . Pemusatan( centralization )
11 . Garis kuasa ( line of authority )
12 . Inisiatif
13 . Kesatuan pada kelompok ( Ecprite de corps )
14 . Kerertiban

Fungsi-fungsi manajemen
Fungsi manajemen dibagi menjadi 4 yaitu :
1 . Planning ( Perencanaan )
Perencanaan adalah kegiatan menentukan serangkaian tindakan yang akan dilakukan dimasa yang akan datang .
Planning dibagi lagi menjadi 2 kegiatan yaitu :
1 . Forecasting
2 . Budgeting
2 . Organizing ( Pengorganisasian)
Pengorganisasian adalah kegiatan menetapkan susunan organisasi , tugas dan fungsi masing-masing unit untuk mencapai tujuan organisasi .
Organizing dibagi lagi menjadi 2 kegiatan yaitu :
1 . Staffing
2 . Assembling
3 . Actuating ( Penggerakan )
Penggerakan adalah kegiatan motivasi bawahan agar melakukan kegiatan yang telah menjdi tugasnya Masing – masing untuk mencapai tujuan organisasi .
Actuating dibagi menjadi 4 kegiatan yaitu :
1 . Directing
2 . Commanding
3 . Coordinating
4 . Motivating
4 . Controlling ( Pengendalian )
Pengendalian adalah kegiatan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilaksanakan dengan rencana yang telah disusun sebelumnya untuk mencapai tujuan organisasi .
Pengendalian dibagi menjadi 2 kegiatan yaitu :
1 . Reporting
2 . Evaluating

Organisasi

Organisasi adalah sekumpulan orang yang mempunya tujuan yang sama dan terorganisir dan terkoordinasi oleh suatu sistem .

Bentuk – bentuk organisasi :
1 . Organisasi Lini
Dalam organisasi lini atau garis ( line organization ) , kekuasaan berjalan secara langsung dari atasan ke bawahan , sehingga perintah datang dari atasan kepada bawahan secara langsung .

Keuntungan dari organisasi lini :
1 . Kesatuan pimpinan terjamin Karen ada dalam satu komando
2. Koordinasi relative mudah dilaksanakan
3. Pengendalian relative mudah dilaksanakan
4 . Rasa solidaritas pegawai pada umunya tinggi .

Kelemahan dari organisasi lini :
1 . Tujuan pribadi pimpinan seringkali sulit dibedakan dengan tujuan organisasi
2 . Pimpinan seringkali menjadi otoriter .
3 . Organisasi perusahaan terlalu tergantung pada pimpinan .

2 . Organisasi lini dan staf
Dalam system ini pemusatan kekuasaan dari atas ke bawah tetap ada , tapi untuk melancarkan tugas yang diperintahkan dari atasan ke bawah dibantu oleh staf .

3 . Organisasi Fungsional
Dalam system ini terdapat pembagian kerja berdasarkan spesialisasi

4 . Organisasi lini , staf , dan fungsional
Sistem organisasi ini merupakan gabungan dari bermacam – macam system organisasi ,Dengan memakai system gabungan dimungkinkan memilih yang menguntungkan dipakai sedangkan yang merugikan ditinggalkan .

0 komentar on "MANAJEMEN DAN ORGANISASI"

Posting Komentar

 

dyaluppha , , Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea


Smashed Pink Can