Dalam ilmu Ekonomi istilah Penawaran ( supply ) sudah tidak asing lagi , karea salah satu kegiatan perekonomian yang sangat berdampak besar selain Permintaan ( demand ) adalah Penawaran( supply ) . Penawaran itu sendiri mempunyai pengertian sebagai suatu kegiatan penjual untuk memproduksi dan menjual berbagai barang dalam kuantitas dan tingkat harga yang berbeda pada waktu tertentu . Penawaran sendiri mempunyai hukum yang berbunyi “ apabila harga barang naik maka barang yang ditawarkan juga akan naik , dan jika harga barang turun maka barang yang ditawarkan juga akan turun “ . Berdasarkan hukum tersebut , dapat diartikan bahwa perubahan jumlah barang yang ditawarkan akan berubah seiring dengan perubahan harga , sehingga bentuk kurva hanya akan mengalami perubahan di sepanjang kurva penawaran ( supply curve ) . Tetapi dalam suatu jangka waktu tertentu , Kurva penawaran tidak akan selalu berubah sepanjang kurva tersebut . tetapi akan mengalami suatu pergeseran . Pergeseran itu sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal yang biasa disebut sebagai faktor – faktor penyebab bergesernya kurva penawaran ( factors that cause the supply curve to shift ) .
Faktor – faktor tersebut seperti :
1 . Harga Sumber Daya ( Price of Relevan Resources )
2 . Tekhnologi ( Technology )
3 . Jumlah Pembeli ( Number of Sellers )
4 . Ekspetasi Harga di Masa Depan ( Expectation of Future Prices )
5 . Pajak dan Subsidi ( Taxes and Subsidies )
6 . Kebijakan Pemerintah ( Government Restrictions )
Faktor – faktor tersebutlah yang dapat menyebabkan suatu kurva penawaran mengalami pergeseran . Untuk lebih memahami tentang hubungan antara faktor – faktor tersebut dan dampaknya terhadap pergeseran kurva , saya akan memberikan contoh dari suatu kegiatan ekonomi yang menyebakan pergeseran kurva penawaran tersebut . Sebagai contoh anggaplah gambar diatas merupakan kurva penawaran terhadap penjualan Beras . Dari gambar (a) dapat dilihat bahwa jumlah beras yang ditawarkan pada tingkat harga $25 sebanyak 600 lalu mengalami pergeseran menjadi 900 pada tingkat harga $25 , hal ini dapat disebabkan beberapa faktor diantaranya yaitu perkembangan teknologi . Dengan adanya perkembangan teknologi persediaan beras akan menjadi semakin banyak oleh karena itu para produsen dapat menjual beras lebih banyak di tingkat harga tersebut . Selain itu adanya Ekspetasi Harga di masa depan juga mempengaruhi pergeseran kurva penawaran (a) . Jika produsen mempunyai pandangan bahwa harga beras akan turun di masa mendatang , Maka sebisa mungkin produsen akan menjual barangnya lebih banyak di masa kini dengan tingkat harga yang sama . Contoh tersebut menggambarkan bahwa faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan lebih banyak di tingkat harga yang sama . Selain mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan lebih banyak , diantara faktor – faktor tersebut juga dapat mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan lebih sedikit pada tingkat harga yang sama . Sebagai contoh dari gambar (b) dapat dilihat bahwa jumlah beras yang ditawarkan pada tingkat harga $25 sebanyak 600 lalu menglami pergeseran menjadi 300 di tingkat harga yang sama , hal ini diantaranya bisa disebabkan oleh adanya harga sumber daya . Jika untuk mengolah padi menjadi beras membutuhkan modal yang banyak maka para produsen akan menurunkan jumlah kuantitas penawaran terhadap beras dengan tingkat harga yang sama . Selain faktor harga sumber daya , ekspetasi harga di masa depan juga mempunyai pengaruh yang besar . Jika produsen menganngap bahwa harga beras akan mengalami peningkatan di masa mendatang maka sebisa mungkin produsen akan mengurangi jumlah kuantitas beras yang ditawarkan dari 600 menjadi 300 , sehingga pada saat harga beras naik , jumlah beras yang ditawarkan akan ditingkatkan kembali . Itulah diantaranya hubungan antara faktor penyebab pergerseran kurva penawaran dengan pergeseran kurva penawaran . Hal ini membuktikan bahwa tidak selamanya kurva penawaran hanya akan berubah seiring perubahan harga , tetapi juga akan mengalami pergeseran karena adanya faktor-faktor penyebab pergeseran tersebut .
0 komentar:
Posting Komentar